Doa Malaikat

Allah SWT berfirman, "Sebenarnya (malaikat - malaikat itu) adalah hamba - hamba yang dimuliakan, mereka tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah - perintah-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka dan yang dibelakang mereka, dan mereka tidak memberikan syafa'at melainkan kepada orang - orang yang diridhai Allah, dan mereka selalu berhati - hati karena takut kepada-Nya" (QS Al Anbiyaa' 26-28)

Inilah orang - orang yang didoakan oleh para malaikat :

1. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci. Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

2. Orang yang duduk menunggu shalat. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya 'Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia'" (Shahih Muslim no. 469)

3. Orang - orang yang berada di shaf bagian depan di dalam shalat. Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra' bin 'Azib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang - orang) yang berada pada shaf - shaf terdepan" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud I/130)

4. Orang - orang yang menyambung shaf (tidak membiarkan sebuah kekosongan di dalm shaf). Para Imam yaitu Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang - orang yang menyambung shaf - shaf" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/272)

5. Para malaikat mengucapkan 'Amin' ketika seorang Imam selesai membaca Al Fatihah. Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika seorang Imam membaca 'ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaalinn', maka ucapkanlah oleh kalian 'aamiin', karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu" (Shahih Bukhari no. 782)

6. Orang yang duduk di tempat shalatnya setelah melakukan shalat. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, 'Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia'" (Al Musnad no. 8106, Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini)

7. Orang - orang yang melakukan shalat shubuh dan 'ashar secara berjama'ah. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat ( yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat 'ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat 'ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, 'Bagaimana kalian meninggalkan hambaku ?', mereka menjawab, 'Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat'" (Al Musnad no. 9140, hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir)

8. Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummud Darda' ra., bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, "Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata 'aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan'" (Shahih Muslim no. 2733)

9. Orang - orang yang berinfak. Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak'. Dan lainnya berkata, 'Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit'" (Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)

10. Orang yang makan sahur. Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath Thabrani, meriwayaatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang - orang yang makan sahur" (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhiib wat Tarhiib I/519)

11. Orang yang menjenguk orang sakit. Imam Ahmad meriwayatkan dari 'Ali bin Abi Thalib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh" (Al Musnad no. 754, Syaikh Ahmad Syakir berkomentar, "Sanadnya shahih")

12. Seseorang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain. Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain" (dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Kitab Shahih At Tirmidzi II/343)

Maraji' :

Disarikan dari Buku Orang - orang yang Didoakan Malaikat, Syaikh Fadhl Ilahi, Pustaka Ibnu Katsir, Bogor, Cetakan Pertama, Februari 2005

Related Posts by Categories



14 87 comments:

Keyword said...

Submit your Blog to our Newest PR 3 Web Directory for Bloggers. Visit KeywordDir.info

tukang Nggunem said...

Wah..dari ke-12 poin itu hanya ada beberapa yang memungkinkan saya bisa ikut didoakan oleh malaikat...semoga kedepannya bisa lebih baik, amiinn...salam hangat selalu

BRAJADENTA said...

wah makasih bgt inpo nya yah...

Hapi said...

Hi there... want to change your favicon? find out how.. Have a nice tuesday!

Hapi said...

Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

mtv said...

Gud Posting Buddy, moga moga kita masuk dalam salah satu kriteria itu yee.

Kampanye Damai Pemilu IndonesiA 2009 said...

subhanallah semoga kita digolongkan orang-orang yang rajin sholat. sehingga malaikatpun mendoakan kita, amin.

mr. x said...

smoga amal kita ditrima amin
worldtraveling
affiliate marketing
therapy
world healthy

reviewland said...

aamiin...kalo malaikat yang berdo'a pasti dikabukan.

obat diabetes said...

semoga kita dapat melakukan apa yang di perintah kan allah dan menjauhi semua larangan nya,, amin,
terima kasih buat infonya

pulsa elektrik said...

Jadi manusia yang terbaik sesuai tuntunannya itu yang terpenting, segala rezeki kita tidak boleh memaksakan...hadiahnya nanti di akhirat, yang penting ikhlas dalam hidup

Doraemon The Movie said...

Jadilah manusia yang baik,,karena malaikat akan selalu mencatat amal kebaikan dan keburukan kita setiap detiknya.

Bumbo Baby said...

Alhamdulillah nemuin postingan ini..Jadi mengingatkan saya untuk terus meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Mudah2an para Malaikat juga turut mendoakan saya. Amin.

Sistem Informasi Geografis berbasis Web said...

subhanalloh,,,,,, semoga smua amal kita di terima,,,,,,,

Mutiara Pembelajar said...

doa malaikat berarti doanya makhluk suci...entah lah urusan terkabul apa tidak

obat herbal keputihan said...

makasih banyak gan buat infonya semoga bermanfaat gan , mari kita berlomba2 supaya kita di doakan oleh para malaikat

Computer Tips said...

marilah bersama2 kita meningkatkan iman

obat alami said...

info nya sangat bermanfaat gan..
mskih banyak ya,,

jadi nambah ilmu nih..

jgn lupa follow balik ya?

JUAL DAN SERVICE UPS DI SURABAYA said...

Numpang ya Mas SERVICE DAN JUAL UPS MERK:
UPS APC, UPS ICA, UPS AROS, UPS RIELLO, UPS VEKTOR, UPS BAUMA, UPS POWERWARE, UPS LAPLACE, UPS MG, UPS LIEBERT, DSB

pusat obat herbal alami said...

dari yg di sebutkan hnya bebarapa saja yg mungkin aku untuk di doakan malaikat..
moga aja bisa lebih baik..
thanxs buat artikel nya

poles marmer said...

mari kita berlomba2 supaya kita di doakan oleh para malaikat

obat herbal maag said...

semoga kita semua bisa melakukan hal-hal yang ada di atas...supaya kita selalu di do'akan oleh malaikat.

obat herbal stroke said...

semoga kita bisa menjadi orang yang selalu di do'akan oleh malaikat.

obat herbal darah tinggi said...

sungguh beruntung jika menjadi seseorang yang selalu di do'akan oleh para malaikat.

Obat herbal stroke said...

semoga kita bisa menjadi orang yang selalu didoakan malaikat amin ..

Yudi Yunior said...

semoga kita semua mendapat petunjuk mas, amin

Anonymous said...

amien

Aliferza said...

Semoga kita selalu mendapat petunjuk agar termasuk diantara orang-orang yg didoakan oleh para malaikat, apalagi meningkatkan amal kebaikan di bulan yg suci ini, amin

helofren said...

semoga sukses n tambah rejeji buat posting yg menyebarkan kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah, amin

pembalut anion said...

subhanallah, artikelnya sangat bermanfaat, thanks gan

Pengobatan Paru-Paru said...

patut di ikuti tuh sangat bermanffaat sekali nih,makasih banyak atas infonya

vie said...

Subhanalloh. . .
mungkin dr k 12 tsb hnya sebagian aku yg d doakan oleh malaikat. . .
mksh infonya. . .

obat herbal penyakit gagal ginjal said...

goodposting ,
mudah-mudahan lita termasuk kedalam golongan tersebut

obat herbal penyakit kelenjar getah bening said...

ya allah semoga kita semua termasuk ke dalam golongan-golongan di atas .
do the best for other

kelenjar getah bening said...

semoga kita dapat dari malaikat...
amin

Viar Motor Indonesia said...

Thanks atas artikel bagusnya... Menyejukkan...

obat herbal asam urat said...

sungguh beruntung sekali jika kita di do'akan oleh para malaikat.

obat herbal penyakit hiv aids said...

pada inti nya jika kita selalu menjalankan apa yang di perintahkan oleh allah dan menjauhi apa yang telah dilarang NYA maka kita akan selalu di do'akan oleh malaikat.

obat herbal penyakit ginjal said...

menurut saya yang paling susah itu nomer 7....

obat herbal darah tinggi said...

semoga kita bisa menjalan kan semua yang di perintah oleh allah swt.

Lowongan Kerja said...

mudah-mudahan saya jadi salah satu orang yang dido'akan oleh malaikat

Gamat Luxor Aceh said...

makasih atas pencerahannya...

Obat Herbal said...

subhanaloh... setelah membaca artikel tersebut, ane jadi teringat akan dosa-dosa mungkinhanya beberapa hal yang bisa ane lakukan.
sangat bermanfaat untuk memperbaiki iman trimakasih...

Obat herbal sakit jantung said...

terima kasih sudah berbagi artikel yang sangat bermanfaat.

OBAT HERBAL LIVER EMPEDU said...

semoga saja kita termasuk kedalamnya..

OBAT HERBAL INFEKSI SALURAN KANDUNG KEMIH said...

ternyata bila kita makan sahur, kita termasuk orang yang di doakan oleh malaikat.

OBAT HERBAL LEUKEMIA said...

sungguh artikel yang sangat bermanfaat sekali.

OBAT HERBAL KELENJAR GETAH BENING said...

yuk kita berlomba biar masuk kedalam orang-orang yang di doakan malaikat.

Agen XAMthone Plus Jakarta pusat said...

Ternyata sungguh beruntungnya orang yang di daokan oleh para malaikat.

agen jelly gamat luxor jakarta pusat said...

Sungguh artikel yang sangat bermanfaat sekali.

paket tour wisata beijing china said...

subhanallah semoga kita semua dapat melakukan itu semua ya aamiin..

agen xamthone said...

saya juga pingin di doakan malaikat agar hidup lebih baik!!!

citra harmoni said...

apakah orang jahat yang bertobat bisa di doakan malaikat???

jasa web desain said...

hiduplah dgn benar agar dapat di doakan malaikat...

rental ac said...

banyak bgt y sebenernya cara klo kita mw cari pahala dan rizki Allah agar terhidar dari api neraka di akherat.

Blog DoFollow said...

keep posting gan

hendri prastio said...


Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan
Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

agen bola online said...

wah setuju banget sama postingnya. keep posting gan....

Obat tumor payudara said...

keren banget artikelnya

agen sbobet casino said...

ternyata malaikat selalu mendoakan kita agar selalu ingat kepada Allah

OBAT HERBAL STROKE said...

Suatu oencerahan yang sangat bagus, Terima kasih.

OBAT HERBAL KANKER HATI said...

Baru pertama kali saya temukan suatu artkel yang sangat bagus seperti ini.

Agen Gamat Gold -G Sunter Kemayoran said...

Ternyata tidur dalam keadaan bersuci sangat bagus manfaatnya

OBAT HERBAL KANKER USUS said...

Beruntunglah orang yang di doakan oleh para malaikat.

Paket Umrah 2013 said...

Wacana yang sangat menarik,gan

Paket Umroh reguler 2013 said...

Subhanallah,,, indah sekali doanya

Travel Haji 2014 said...

Nice articles

Umroh Maret 2013 said...

Terimakasih atas informasinya

Travel haji dan umrah said...

Nice Informastion

Harga Paket Umroh 2013 said...

Doa yang menyentuh hati sekali

Biaya Umroh 2013 said...

Terimakasih atas informasinya

Paket Umroh Murah 2013 said...

Terima kasih atas informasinya yang menarik ini,gan

Museum madame Tussauds said...

Nice Info

desain eksterior rumah minimalis said...

Nice Post

pulsa elektrik murah said...

membaca artikel ini, ternyata banyak pelajaran yang belum saya ketahui

mengatasi nyeri haid said...

thank you atas info ya.

penyakit masakini said...

makasih gan ...atas pencerahanya semoga saya menjadi orang yang mendapat doanya para malaikat

kabar sehat said...

Aduh kapan yah saya mndapat doanya para malaikat...

obat tradisional maag kronis said...

Aminnnn semoga Alloh SWT mengabulkan do'a* nya

toko bunga lotus said...

thx gan buat pencerahannya....

intantatawarna said...

semoga kita termasuk yang di doakan malaikat juga..
amiin

benjolan di rahim said...

sukses terus ea, infonya sangat kerennn...

Terapi Ion Elektrik said...

Thanks gan buat sharenyaa,, mudah2an berguna buat yang lain :)
Visit back blog ane yaa..

Terapi Ion Elektrik
Terapi Ion Rendam Kaki

cara mengobati limfoma said...

menarik artikelnya

Cara memperbesar penis terbaik said...

Extender jilq adalah cara memperbesar dan memperpanjang penis terbaik.
memperbesar penis menggunakan extenderjilq sangat mudah, cepat dan aman.
anda tidak perlu cape mengurut seperti produk2 teknik urut arab yg dijual oleh website2 yg lain.

info lengkap silahkan kunjungi:
www.extenderjilq.com

cara mengobati hepatitis said...

menarik sekali artiklenya dan tentunya menyentuh sekali

US News said...

My spouse and I absolutely love your blog and find almost all of your post's to be exactly what I'm looking for. Do you offer guest writers to write content available for you? I wouldn't mind writing a post or elaborating on a few of the subjects you write concerning here. Again, awesome website!

Post a Comment

Thanks For Comment

Design by Kingdom of Heaven