Pacaran

Dapet kiriman email dari temen nih... Lumyan untuk bahan perenungan diri...

Pacaran sering di anggap sebagai bentuk pembelajaran. Argumennya, sebelum memastikan pasangan ada bagusnya mengenal dulu calon pasangan tersebut.

Tapi apakah betul begitu? Justru sebaliknya, pacaran adalah sesuatu yang tidak rasional. Dengan pacaran orang terpaksa, secara sadar atau tidak, untuk mencari kesempurnaan. Pembandingan selalu terjadi: dia lebih perhatian, dia lebih cakep, dia lebih mengerti saya dll.........


Pacaran jadi bertujuan menemukan sesorang yang sempurna. Padahal jatuh cinta (hati) berdasar pada ketidaksempurnaan: senyum dia, cara dia jalan, suara dia kalo ketawa, wajahnya ketika bengong. Singkatnya hati justru hanya bisa mengerti yang tak sempurna.

Pacaran juga bisa menjadi kutukan. Semakin banyak bekas pacar, semakin banyak kemungkinan membanding-bandingkan . Jika akhirnya menikah, bagaimana membicarakan bekas pacar dengan pasangan?
Padahal bekas pacar itu punya andil membentuk diri kamu sekarang setelah menikah.

Menyakiti dan disakiti tak bisa hilang begitu saja karena itu bagian dari pengalaman pribadi. Bekas pacar adalah termasuk pengalaman penting, tapi terpaksa ditekan dari memori. Semakin banyak bekas pacar, semakin banyak yang harus ditekan.

Teori ini menjelaskan observasi anekdotal bahwa pasangan jaman dulu lebih banyak yang langgeng padahal mereka di jodohkan. Jawabannya mungkin karena mereka tidak atau sedikit pacaran, sehingga mereka tidak memiliki referensi pembanding yang bisa membingungkan.

Pelajarannya: jangan terlalu banyak pacar karena kamu bakal terus menerus melakukan perbandingan yang akhirnya bikin bingung sendiri. Perbandingan ini bisa tak berhenti meskipun telah menikah. Intinya pacaran justru kebalikan sifat 'pendidikan' : semakin banyak mencari, semakin tidak menemukan yang dicari.

So, intinya klo dah nemuin yang bener2 dapat ngertiin kmu serta hati merasa cocok seia sejalan dalam melayari kehidupan yg cuman sekali doank...bagusnya langsung merit aja kali yee...

Related Posts by Categories



14 1 comments:

Anonymous said...

ada benarnya juga..thanks

Post a Comment

Thanks For Comment

Design by Kingdom of Heaven