MUI Medan larang perayaan Valentine’s Day

MEDAN - Majelis Ulama Indonesia Kota Medan mengimbau umat Islam untuk tidak merayakan Valentine’s Day. Imbauan ini dikeluarkan menyusul banyaknya penyalahgunaan tentang perayaan Valentine’s Day oleh kaum remaja dan pemuda.

"Valentine’s Day bukan tradisi ajaran Islam," kata ketua umum MUI Kota Medan, Muhammad Hatta di Medan, malam ini.

Menurut Hatta, jika dirunut dari sejarahnya, Valentine’s Day jelas tidak ada kaitannya sama sekali dengan Islam dan nilai-nilai budaya Islam melainkan ajaran Katolik. Karena itu, ia menilai wajar bila MUI mengingatkan kepada pemuda-pemudi muslim merayakan Valentine’s Day dilarang, karena Islam tidak membenarkan mencampuradukkan ajaran agama lain dengan Islam.

“Jangan kau campuradukkan yang hak dan batil,” katanya mengutip larangan tegas syariat Islam tersebut.

Hatta mengatakan, Islam memang mengajarkan hidup dengan penuh kasih sayang. Namun konotasi perayaan 14 Februari itu adalah dipersembahkan kepada dewa-dewa, sehingga perayaan Valentine’s Day bagi umat Islam, jelas masuk kategori menyimpang.

Menurut Hatta, merayakan Valentine’s Day melanggar hukum Islam sehingga memperingatinya hukumnya haram. Guru besar Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara ini menegaskan bahwa segala sesuatu yang menjadikan pijakan perbuatan di luar aqidah Islam, maka perbuatan tersebut menyimpang dari nilai-nilai Islam. Terlebih bila perayaan itu digelar dengan perbuatan di luar batas kewajaran. "Merayakan Valentine’s Day itu kan juga sama dengan berhura-hura," katanya.

Imbauan ini menyambung sikap MUI Sumatera Utara yang hampir setiap tahun mengimbau umat Islam agar tidak merayakan Valentine’s Day. Bahkan MUI Sumatera Utara juga telah mengharamkan perayaan Valentine karena hanya buatan manusia dan berasal dari budaya Barat. Selain itu, dasar mengharamkan perayaan Valentine’s Day karena Islam melarang mencampuradukkan ajaran lain ke dalam ajaran Islam.

Cendekiawan muslim, Syahrin Harahap, mengatakan, filosofi Valentine’s Day tidak bertentangan dengan Islam sebab Islam mengajak berkasih sayang sebab hal itu sangat mengesankan. Bahkan Allah SWT menciptakan alam dan manusia dengan cinta dan kasih. “Kasih sayang harus ditegakkan dalam Islam,” katanya.

Namun rektor Universitas Al Washliyah Medan ini sependapat dengan sikap MUI Medan dan Sumut yang menentang perayaan Valentine’s Day di luar konteks norma dan ajaran Islam yang dilaksanakan hura-hura dan pergaulan bebas antara pemuda dan pemudi, karena hal itu tidak diinginkan dalam Islam. “Secara substansi Hari Kasih Sayang diajarkan dalam Islam tetapi Islam mengharamkan jika pelaksanaannya di luar konteks ajaran Islam,” katanya.

Berdasarkan Wikipedia, ada beberapa versi tentang hari Valentine yang kini banyak dirayakan kaum muda dan remaja di Indonesia dan dunia. Salah satunya sebagaimana mengutip Ensiklopedi Katolik (Catholic Encyclopaedia 1908), hari Valentine berasal dari peringatan Santo Valentinus. Valentinus adalah tokoh terkemuka di Roma, Italia, pada 143 Masehi, yang mengemukakan gagasan hidup dengan cinta dan kasih sayang adalah dambaan bagi semua orang. Ide ini kemudian diminati kebanyakan kaula muda ketika itu.

Sumber : http://www.waspada.co.id

Related Posts by Categories



14 208 comments:

daoes said...

setuju saya mas, kl MUI tegas kita sebagai umat makin yakin kl valentine day itu tidak cocok bagi kita umat muslim.

sonata said...

bangsa kita tidak perlu meniru2 budaya barat

Rahasia Website Pemula said...

Kalo boleh berpendapat sih sebenarnya tidak valentine aja tapi setiap perbuatan yang mencampur adukkan adat dan agama itu gak boleh. seperti ulang tahun juga sih...

ToPu said...

Sebenarnya hal yang kecil2 seperti ini tidak terlalu dibahas, SIAPA YANG BERANI MENJAMIN KALAU MEMPERINGATI HARI VALENTINE ITU BERDOSA????????

Jujur, Saya sendiri selama ini TIDAK PERNAH memperingati hari valentine. Saya hanya menghimbau bahwa masih banyak hal - hal yang lebih utama dari pada membahas masalah rokok, atau juga mengenai hari valentine seperti bagaimana saat adzan berkumandang maka diharuskan yang beragama islam untuk langsung menunaikan sholat, menghindari syirik, dan masih buanyak lagi lainnya.

feekyu said...

Memang hari Valentine tu kebudayaan orang Barat. Kita terlalu banyak meniru karena film barat banyak yang masuk ke Indonesia. Disini perlunya MUI buat memfilter filmnya

andee said...

good pot that....memang bagus...

Mahmoedm said...

good pot

tutorial komputer said...

setuju...
tu bukan tradisi kita sbgai umat islam..

keywordtoolexternal.com said...

Kebanyakan Valintine day ini disambut oleh golongan muda-mudi yg belum berkahwin. Yang berkahwin jarang kelihatan bahkan boleh dikatakan tiada.

cara-blog said...

bro, bagus juga blognya, kunjungan balik ya :)

Warung Online said...

selalu saja menjadi kontroversi sejak dulu, karena kebudayaan ini tidak islami.. begitu sih katanya

vpn seller said...

setuju,tapi skalian dong MUI bahas film2 nasional yang semakin vulgar, judi berkedok sms dan sms ramal - meramal, sangat meresahkan, ayo bergerak MUI!

Kedai Obat said...

Sepakat! Budaya ala Islam aja kita blm semua dilakukan, eh.. budaya org kita lakuin..

rudrud said...

setuju..tp klo bs fatwa jng setengah2... lihat film2,iklan yg terkadang menjurus ke hal2 yg tidak baik...

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja¦Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series¦Narutopedia Imaging - Naruto Wallpaper Space¦Narutopedia Layout - Excellent Blogger Templates¦Narutopedia Entertainment - Completely Naruto Soundtrack and Lyrics¦Narutopedia Gamers - Gamers Zone¦Narutopedia Movies - Watch These Naruto Beat Action¦Narutopedia Online Wiki - Virtual World Information Storehouse¦Narutopedia Community - Anime Network News Community¦Narutopedia Shopping Store - Naruto Huge Product Listing

narutopedia, leaf ninja, naruto, naruto sage mode, rinnegan , sharingan, manga, kakashi, uchiha, akatsuki, hokage, jinchuriki

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja¦Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series¦Narutopedia Imaging - Naruto Wallpaper Space¦Narutopedia Layout - Excellent Blogger Templates¦Narutopedia Entertainment - Completely Naruto Soundtrack and Lyrics¦Narutopedia Gamers - Gamers Zone¦Narutopedia Movies - Watch These Naruto Beat Action¦Narutopedia Online Wiki - Virtual World Information Storehouse¦Narutopedia Community - Anime Network News Community¦Narutopedia Shopping Store - Naruto Huge Product Listing

narutopedia, leaf ninja, naruto, naruto sage mode, rinnegan , sharingan, manga, kakashi, uchiha, akatsuki, hokage, jinchuriki

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja¦Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series¦Narutopedia Imaging - Naruto Wallpaper Space¦Narutopedia Layout - Excellent Blogger Templates¦Narutopedia Entertainment - Completely Naruto Soundtrack and Lyrics¦Narutopedia Gamers - Gamers Zone¦Narutopedia Movies - Watch These Naruto Beat Action¦Narutopedia Online Wiki - Virtual World Information Storehouse¦Narutopedia Community - Anime Network News Community¦Narutopedia Shopping Store - Naruto Huge Product Listing

narutopedia, leaf ninja, naruto, naruto sage mode, rinnegan , sharingan, manga, kakashi, uchiha, akatsuki, hokage, jinchuriki

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja¦Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series¦Narutopedia Imaging - Naruto Wallpaper Space¦Narutopedia Layout - Excellent Blogger Templates¦Narutopedia Entertainment - Completely Naruto Soundtrack and Lyrics¦Narutopedia Gamers - Gamers Zone¦Narutopedia Movies - Watch These Naruto Beat Action¦Narutopedia Online Wiki - Virtual World Information Storehouse¦Narutopedia Community - Anime Network News Community¦Narutopedia Shopping Store - Naruto Huge Product Listing

narutopedia, leaf ninja, naruto, naruto sage mode, rinnegan , sharingan, manga, kakashi, uchiha, akatsuki, hokage, jinchuriki

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja¦Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series¦Narutopedia Imaging - Naruto Wallpaper Space¦Narutopedia Layout - Excellent Blogger Templates¦Narutopedia Entertainment - Completely Naruto Soundtrack and Lyrics¦Narutopedia Gamers - Gamers Zone¦Narutopedia Movies - Watch These Naruto Beat Action¦Narutopedia Online Wiki - Virtual World Information Storehouse¦Narutopedia Community - Anime Network News Community¦Narutopedia Shopping Store - Naruto Huge Product Listing

narutopedia, leaf ninja, naruto, naruto sage mode, rinnegan , sharingan, manga, kakashi, uchiha, akatsuki, hokage, jinchuriki

hot mobile news info ponsel blogspot tips mobile news today info handphone blogging tips mobile phone news info blackberry blogspot tutorial mobilephone reviews harga ponsel baru blogspot trick iphone news ponsel baru 2010 tips ngeblog korean drama synopsis korean drama korean drama ost korean drama movie korean movie ost said...

hot mobile news
info ponsel
blogspot tips
mobile news today
info handphone
blogging tips
mobile phone news
info blackberry
blogspot tutorial
mobilephone reviews
harga ponsel baru
blogspot trick
iphone news
ponsel baru 2010
tips ngeblog
korean drama synopsis
korean drama
korean drama ost
korean drama movie
korean movie ost

software bali said...

terlalu berlebihan??????????????????

software 45 said...

klo di larang..nanti semua akan dibatasi hak2x manusia..selama itu baik janganlah dilarang...orang yg kelihatannya baikpun mungkin sangat tidak baik..tergantung manusianya...

Akcesoria rowerowe said...

Cinta - perasaan yang mengagumkan!!!

Manfaat Guitar Pro said...

Sangat Bermanfaat,,terima kasih

weze przemyslowe said...

Nice article, good job!

odziez ciazowa said...

Cool post, terus blogging

Obat tradisional diabetes mellitus said...

kalau dilarang si jangan kan islam juga mengajarkan kasih sayang cuma waktunya aja kali y jng ada kasih sayang musiman

hasan said...

betul, saya setuju sekali.
itu merupakan kbudayaan barat, yg tak patut untuk di tiru.

dodatki krawieckie said...

It is always interesting to visiting your site for me at-least, I like your posts always, please keep coming with these ideas. Best of luck to you.

STMIK AMIKOM menuju Research University said...

aneh2 aj tuh mrka...katro bnget

propolis brazil said...

saya sangat setuju sekali ,,, kan kita orang ISLAM.thank gan infonya

obat alami asam urat said...

betul mas saya setuju sekali tuh,,,,,,,,,

obat jantung herbal said...

saya setuju gan , kita kan orang islam terima kasih gan buat infonya salam kenal aja gan

obat epilepsi said...

tapi kalo menurut saya seh merayakan nya gk boleh tapi kalo untuk pertukaran kado boleh2 juga sih,, thank

obat luka diabetes said...

saya dukung mas,betul tuh harus di larang hari valentine itu, karna itu budaya barat

obat infeksi saluran kemih said...

bener tuh gan saya setuju bangat ,
salam kenal aja gan

obat kelenjar getah bening said...

saya setuju gan , kita sebagai umat islam gak boleh merayakan nya, karana itu tipuan dari orang2 barat, makasih

obat asam urat said...

stuju mas, karna hari palentine itu adalah budaya ke barat2an , makasih buat infonya

obat kelenjar getah bening said...

benar tuh gan , itu perayaan palentine budaya ke barat-baratan jadi tak boleh di ikuti gan

XAMthone plus said...

setuju gan , karna merayakan valentine itu adalah adat orang barat, makasih banyak buat infonya

poles marmer said...

setuju bgt valentin cm budaya barat yg bs merusak pemikiran generasi muda,bukti'a pd malam valentin penjualan kondom meningkat pesat...

Cara Mempercepat Mozilla Firefox said...

betul

PhoneSuite | Internet Melalui Modem Hp China said...

ok

Tips Pencarian Tepat Di Google | Cara Pencarian Yang Benar Melalui Google said...

sip

Domain Register Yahoo | Yahoo Domain said...

thnx gan

My Opera 11.10 said...

mantap
hahhhaha

penyakit jantung said...

setujuuuuu...

kesehatanalami said...

keren nih,,

mantaaaap

obat-alternatif said...

bgus juga,,
sipp

Diary Jelita said...

Wah sayang

Softpreview said...

Okelah

obat diabetes melitus said...

ciipp lah,,,
sukses terus,,

diabetes said...

yapz..
tidak boleh...

obat asam urat said...

thnks ya,,,,

bgus

Xamthone plus said...

siiplh.... bguzzz

kanker darah said...

yapz....
dukung...

obat herbal kanker payudara said...

okehhhh....sipppp

obat herbal diabetes said...

ypz stju
siiplh

miom said...

setuju banget......sekarang banyak remaja yang salah kaprah.........

Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood said...

Hmmm moga bisa di sikapi dengan baik

xamthone plus said...

ya stju ,

poles marmer said...

Memang hari Valentine tu kebudayaan orang Barat. Kita terlalu banyak meniru karena film barat banyak yang masuk ke Indonesia. Disini perlunya MUI buat memfilter filmnya

poles marmer said...

Memang hari Valentine tu kebudayaan orang Barat. Kita terlalu banyak meniru karena film barat banyak yang masuk ke Indonesia. Disini perlunya MUI buat memfilter filmnya

jamaludin said...

aku setuju karena hari valentine di islam tidak di kenal karena setiap hari pun kita tetep harus punya rasa kasih ayang

obat insomnia said...

thanks for information

obat alami nyeri haid said...

iya saya setuju banget..
indonesia mayoritas muslim kan..
jadi kita dilarang merayakan hari valentine tersebut

darah rendah said...

jadilah bangsa sendiri,. jangan mengikuti pergaulan luar yang sma sekali ga ada hbungannya dengan bangsa kita..

obat alami diabetes said...

nice post

obat infeksi saluran kemih said...

iya lah valentine kan d larang oleh agama islam!!!

kanker hati said...

eits.... bagus tu,,, bagi orang yang ber agama islam kan dilarang!!

Latest Nokia Mobile Phones said...

makasih gan infonya ane tunggu kunjungan baliknya

Data Mobile Phone said...

makasih infonya

obat miom said...

lebih baigk terserah keyakinan agama masing masing
sekalian menguji mereka tentang kesediaannya terhadap agama

obat miom said...

betul betul betul

pengobatan glukoma yang aman said...

sangat setuju,,jangan terlalu meniru hal yang negativ,.,,jadilah bangsa indonesia yang baik,,

obat insomnia said...

terima kasih atas infonya ! di indonesia ini beragam agama , jadi yang merayakan bukan agama islam ! itu sudah lebih dari cukup jawabanya

obat insomnia said...

terima kasih ! jagalah norma agama jika memang kamu mempunyai agama

obat alami said...

biarlah menjadi sebuah hiburan, jangan dikaitkan dengan religi nanti bisa ga seru looh...

obat herbal XAMthone said...

bener tuh....buat umat islam ga usah ikut-ikutan ngerayain valentin..itu kebudayaan umat katolik.....

Obat radang paru paru said...

setuju sekali untuk para remaja yang masih merayakan valentine cepat sadar tuh MUI juga melarang

gamat bekasi said...

sekalian program uya kuya, hipnotis kan haram, masa yang haram harus di diamin?

gamat banjarmasin said...

ayo berjuang saudaraku, sekalian para PSK yang merusak ummat.

agen-xamthone-batam said...

memang bener harus di tumpas tapi tida untuk orang kapir

Miom said...

thanks for information nice si very good.luck.

Agen jelly gamat surabaya said...

valentine kan tradisi org" barat..

haramlah...!

Agen jelly gamat surabaya said...

valntine tidak sesuai dg norma agama islam...

Agen xamthone plus solo said...

valntine itu khusus utk org" yg tdk briman..

Agen xamthone plus solo said...

valentine is not good for muslim

obat miom said...

memang ulama harus berani, bagus para ulama, tegakan terus hukum Alloh swt walau nyawa taruhannya.

jelly gamat said...

walau banyak yang mengatakan berlebihan, tegakan demi menjunjung tinggi syariat islam.

kolesterol said...

mantap inponyaaaaaaaaa,,,,,,,,,,,,

pembalut sehat said...

ui sampai segitunya? Ga lebih2an tu?

obat herbal alami asma said...

masih info nya......

obat herbal darah tinggi said...

valentin adalah perayaan yang tidak perlu di ikuti oleh umat islam....

obat herbal stroke said...

memang benar sekali kalo valentine itu bukan tradisi agama islam...tapi trdisi dari orang yahudi..
jadi sudah sepantas nya umat islam tidak meniru tradisi tersebut....

obat herbal penyakit jantung said...

bagi umat islam yang ikut-ikutan merayakan valentin semoga saja mereka tau bahwa itu termasuk perbuatan yang menyimpang dari agama..
dan tidak lagi ikut merayakan valentin...

obat herbal diabetes said...

memang hebat strategi orang yahudi untuk menyesatkan umat islam.....
semoga kita semua tidak ikut tersesat....

obat herbal stroke said...

perayaan valentine adalah perayaan yang tidak patut di tiru oleh umat islam..karena itu adalah tradisi orang yahudi..

-jelly-gamat-banjarnegara said...

wah mas dahsyat banget infonya

obat herbal kanker usus said...

valentine itu memang bukan ajaran dari agama islam melainkan ajaran dari agama katolik...
jadi sebagai umat islam sudah sepantas nya tidak ikut merayakan valentine.

obat herbal keputihan said...

semoga para remaja muslim sadar bahwa ikut merayakan valentine itu sangat salah.

obat herbal glukoma said...

jika umat muslim ikut merayakan valentine berarti mencampuradukan ajaran agama...sedangkan mencampuradukan ajaran agama lain dengan islam itu sangat di larang.........

obat herbal insomnia said...

valentine itu memang sangat menyimpang dari ajaran agama islam....sehingga kita umat muslim jangan sekali-kali ikut merayakan nya.

obat herbal maag said...

untuk para remaja muslim semoga cepat sadar bahwa valentine itu sesat...MUI pun sudah melarang nya.

obat herbal stroke said...

perayaan valentine itu sangat menyimpang dengan ajaran islam...
memang sih tidak salah kalo kita berbagi kasih sayang dengan orang lain...tapi jangan berlebihan.

obat herbal penyakit jantung said...

valentine itu tidak ada dalam ajaran islam..dan perayaan nya pun sangat berlebihan dan banyak remaja yang melakukan pergaulan bebas..jadi sudah sepantas nya kalo perayaan valentine itu haram bagi umat islam.

obat herbal radang paru-paru said...

info nya bagus juga nih...
semoga bermanfaat untuk orang banyak yah...

obat herbal darah tinggi said...

memang perayaan valentine sekarang ini sudah sangat berlebihan...jadi pantas saja kalau MUI melarang umat islam untuk merayakan nya.

obat herbal asam urat said...

semoga dengan ada nya larang dari MUI.....tidak akan ada lagi umat islam yang ikut merayakan valentine.

obat herbal kanker darah said...

makasih info nya bro

obat herbal alami kordinasi otot said...

makasih info nya sangat mantap nie

Obat Penyakit Types said...

berjuang terus MUI.

Cara Membeli Jelly Gamat Gold di Jakarta said...

aku setuju, memeng sekarang ummat islam ga pantas merayakannya,,,

XAMthone plus said...

matap info nya makasih yah.......

obat alami darah rendah said...

matap artikel nya sangat menarik nie,,,,,

Daftar Google+ said...

ini yang saya cari, terima kasih mas. Emang top markotop deh tipsnya. Keren dan bermutu mas :)

jus manggis said...

oke juga nie sangat bagus dan menarik nie........

Pengobatan Kanker Serviks said...

saya mendukung itu mas,,
supaya orang islam tidak mengikuti orang sana

indovision said...

no komen dah :)

indovision

Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia said...

diambil hikmahnya aja

obat diabetes | xamthone plus said...

MUI { I LIKE }

Agen Jelly Gamat Riau said...

setuju...

Obat Herbal Bibir Pecah-Pecah said...

bagus, hajar terus kemunkaran...

agronomi said...

mu ikut atau enggak ya .. ambil hikmahnya ajh lah.

Kata Mutiara Islam said...

Sharing yang bagus. Terima kasih

obat herbal glukoma said...

saya setuju banget tuh...
karena ngerayain valentine sama saja ngerayain hari raya katolik...

obat herbal penyakit liver empedu said...

semoga tidak ada lagi umat islam yang ikut-ikutan merayakan valentine..

obat herbal insomnia said...

valentine itu bukan untuk umat islam..
jadi saya setuju kalo MUI larang perayaan valentine..

obat herbal penyakit kanker usus said...

semoga umat islam tau tentang asal-usul valentine agar tidak ikut-ikutan merayakan nya

obat tradisional gagal ginjal said...

valentin's day kan,bodaya non islam, negara kita kan negara mayoritas umat islam, itu jela haram,..!!

obat herbal asam urat said...

artikel yang bagus ,,

obat tradisional penyakit gagal ginjal said...

yap akur dan setuju tuh gan karena di budaya agama islam sendiri gan mengenal yang namanya valentine...

Berita Toyota said...

Subhanallah,. Memang Budaya Orang Barat Sangat tidak Sesuai dengan ISLAM,. ,.

foto ayu ting-ting said...

agree!

cara mengobati penyakit darah tinggi said...

saya sangat setuju , karena valentine bukan untuk islam :)

pengobatan asam urat said...

ane setuju gan :)

pengobatan asma said...

ane juga setuju tolak valentine

Mahasiswa Hukum UII said...

Terimakasih Infonya
artikel yang bagus,
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Hukum di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Cara Pemesanan Spirulina said...

ya saya juga sngat setuju dengan larangan ini, toh kita kan sudah tau itu budaya barat yang tidak perlu dirayakan

Anisa Cream said...

wahhh

obat tradisional tipes said...

memang kita jangan mengikuti budaya orang lain

pengobatan diabetes melitus said...

sangat bermutu kalao ada waktu mampir ya gan

www.herbalalami.biz

agenacemaxtasikmlaya said...

setuju dengan adanya larangan ini

Paket Tour Wisata Istanbul Turki said...

yap itu memang harus gan..

Wisata Indonesia said...

bagus,larang gak ada gunanya

sewa ac jakarta said...

valentine memang bukan untuk kaum muslim..
kita diharamkan untuk ikut merayakannya..

obat herbal penyakit gondok said...

memang para remaja" sekarang banyak yang ikut merayakan valentine kaya orang barat

obat herbal penyakit kanker otak said...

oh,jadi gitu ya asal mulanya hari valentine itu

kalau gitu saya setuju

hendri prastio said...

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Obat Alami Maag Kronis said...

Hari kebebasan para remaja masa kini.

Anonymous said...

I absolutely love your blog and find almost all of your post's to be exactly what I'm looking for.
Do you offer guest writers to write content for yourself?
I wouldn't mind publishing a post or elaborating on many of the subjects you write related to here. Again, awesome blog!
Look into my web-site - Free iphone 5

Anonymous said...

Peculiar article, exactly what I was looking for.
Here is my homepage http://www.youtube.com/watch?v=JMKpWTPXFR4

paket umroh plus dubai 2013 said...

setuju, karena pada dasarnya valentin day itu bukan budaya orang Islam,

paket umroh plus said...

nah ini baru keren....

Catering Harian said...

susah lah mau ngelarang2, apalagi anak2 abg, masih pada deman valentine2an...

taruhan bola online said...

saya setuju banget sama MUI, knp kok kita selalu mengikuti budaya barat?. bukannya kita setiap hari dapat kasih sayang dari orang yg kita sayangi

judi bola online said...

seharusnya kita gak usah ikt budaya luar gan,sebenernya saya bingung apa sih yg menarik di budaya barat?

cara mengobati gagal ginjal said...

nice gan

obat lemah syahwat said...

salam sehat gan dan ijin baca baca

Cacang said...

Great!

judi bola online said...

not so bad. keep posting! semangat yaa

efisiensi bahan bakar solar said...

valents day bukan budaya kita bo...itu budaya rusak dari negeri sono...

obat alami demam berdarah said...

makasih gan

agus herbal said...

makasih banyak gan informasinya

Bangun Rumah sederhana said...

informasi yang menarik

silviani said...

nice info gan

Biaya Umroh 2013 said...

Artikel yang cukup menarik,gan

silviani said...

nice gan

agus herbal said...

makasih gan infonya

silvi silviani said...

makasih gan

agus herbal said...

nice

Template Booklet Company Profile said...

nice article nih :D

template booklet company profile said...

mantap!

toko bunga lotus said...

thx gan buat infonya, semoga bisa bermanfaat buat semuanya...

intantatawarna said...

setahuku emg hari valentine di larang dalam agama :o
katanya sih itu perayaan bagi umat lain

emblem mobil said...

aneh aneh aja sekarang mui apa aja dilarang..sirik kali ya mui...haha

bed cover said...

Valentine Day dilarang tp acara tv yang bernuansa syirik dibiarkan saja...

renungan harian said...

Paling enak ya budayakan budaya sendiri aja...:)

obat maag yang aman untuk ibu hamil said...

hari valentines itu bagi orang non muslim

cara alami mengobati darah rendah said...

nice gan infonya

cara alami mengobati darah rendah said...

makasih banyak gan

obat penyempitan pembuluh darah said...


di tunggu artikel selanjutnya, nice infonya sob

Obat Detak Jantung Tidak Beraturan said...

informasi yang sangat kami tunggu tunggu , http://goo.gl/emdnP8 | http://goo.gl/7kbXAU| http://goo.gl/1tB69n

Obat sipilis said...

terimakasih bos, artikelnya sangat bermanfaat sekali
Obat sipilis tradisional
Ciri-ciri sifilis raja singa
Obat sipilis raja singa
Ciri-ciri penyakit sipilis
Gejala penyakit sipilis
Obat sipilis instan
Obat kutil kelamin




Cara memperbesar penis terbaik said...

Extenderjilq adalah metode untuk memperbesar penis yang terbaik.
karena menggabungkan alat extender dan teknik urut arab "jilq" secara bersamaan, sehingga hasilnya penis menjadi cepat extra besar, panjang dan tahan lama.
hasilnya tanpa efek samping dan PERMANEN

info lengkap kunjungi:
www.extenderjilq.com

Pusat Kumpulan Artikel Dan Berita said...

setuju bangett niiihhh gan

obat herbal kanker prostat said...

setuju banget

obat herbal pembesaran prostat said...

mantap banget deh infonya

obat herbal kanker payudara said...

menarik artkelnya

Bandung Offroad said...

Buat jomblo ga ada valentine gan

Jasa Aqiqah Kudus said...

bagus dong kalo MUI menetapkan haram

Megan Calista said...

Agen Judi Online
Agen Judi
Agen Judi Terpercaya
Agen Bola
Bandar Judi
Bandar Bola
Agen SBOBET
Agen Casino
Agen Poker
Agen IBCBET
Agen Asia77
Agen Bola Tangkas
Prediksi Skor

Prediksi Skor DE GRAAFSCHAP VS AZ ALKMAAR 12 September 2015
Prediksi MANCHESTER UNITED VS LIVERPOOL 12 September 2015
Prediksi Pertandingan FRANKFURT VS FC KOLN 12 September 2015
Prediksi Skor ARSENAL FC VS STOKE CITY 12 September 2015
Prediksi Skor GRONINGEN VS HEERENVEEN 13 September 2015
Prediksi Skor HELLAS VERONA VS TORINO 13 September 2015
Prediksi Skor INTER MILAN VS AC MILAN 14 September 2015
Prediksi Skor MANCHESTER CITY VS JUVENTUS 16 September 2015

Grosir Baju Anak, Baju Bayi, Baju Anak Branded, Baju Tidur Anak Kidsjunction Store said...

Visit Us : Grosir Baju Anak

Grosir Baju Anak Branded Dari Pabrik, Grosir Baju Anak Langsung Dari Pabrik, Grosir Baju Anak Import, Grosir Baju Anak Branded Murah, Grosir Baju Bayi Murah, Grosir Perlengkapan Bayi, Baju Anak Laki-Laki, Baju Anak Perempuan, Baju Anak Online, Baju Anak Murah, Baju Anak Impor, Pakaian Bayi, Katalog Lengkap Baju Anak Berkualitas, Baju Bayi Branded, Baju Bayi Lelaki, Baju Bayi Baru Lahir, Baju Bayi Online, Distributor Pakaian Bayi, Baju Anak Branded Online, Toko Online Baju Anak Branded, Jual Baju Anak Branded Murah, Baju Tidur Anak Branded, Jual Grosir Baju Anak Murah, Grosir Baju Anak Cantik, Grosir Baju Anak Tanah Abang, Grosir Baju Anak Kita, Baju Muslim Anak, Baju Anak Tanah Abang, Baju Koko Anak, Grosir Baju Anak Korea, Grosir Baju Anak Import Murah, Harga Grosir Baju Anak, Baju Muslim Anak Perempuan, Pusat Belanja Online Baju Anak, Jual Baju Bayi, Toko Baju Bayi, Sentral Baju Bayi, Baju Muslim Bayi, Butik Baju Anak Branded, Baju Anak Branded Tanah Abang, Gudang Baju Anak Branded, Celana Anak, Jaket Anak

sabila said...

thanks banget untuk ifnonya ..
smoga blognya makin sukses terus

Dewapoker said...

Nice info. Thanks for sharing.

Asia Poker99 merupakan agen Poker Terpercaya di Indonesia,
Poker Gampang Menang serta Poker Tanpa Bot akan membuat Anda betah untuk bermain di AsiaPoker 99!

Daftar, mainkan dan menang! Buktikan bahwa Andalah sang Dewapoker!

Daftar Harga Hp Samsung said...

sungguh informasi yang cukup bermanfaat

Cara menghilangkan jerawat said...

Setelah saya membaca artikel anda, saya akhirnya memahami bahwa ternyata hari valentine itu haram untuk islam.

pulsa elektrik said...

Gan, bersamamu kita mulai kerjasama, mantabs deh....makin sukses saja gan.....

agen poker said...

Nice Info Artikelnya Gan..
Ditunggu Artikel Selanjutnya.. ^^

pokeronlinehq.net

AGENPOKER
AGEN DOMINO QQ
TEXAS POKER
SITUS POKER ONLINE
POKER ONLINE TERPERCAYA

AGEN POKER said...

Nice Info Artikelnya Gan..
Ditunggu Artikel Selanjutnya.. ^^

POKERAJAIB.COM
AGEN POKER
AGEN DOMINO QQ
TEXAS POKER
SITUS POKER ONLINE
AGEN POKER TERPERCAYA

Post a Comment

Thanks For Comment

Design by Kingdom of Heaven